top of page
  • Agnes Gianni

Papan MDF dalam Gaya Skandinavia: Tips dan Trik Memadukannya

Belakangan ini, gaya Skandinavia tengah populer di kalangan muda. Sesuai dengan namanya, gaya ini memaksimalkan fungsi pencahayaan alami dengan jendela atau bukaan yang besar untuk menyerap matahari saat musim dingin. Tak hanya itu, penggunaan jendela yang besar mampu menciptakan ilusi rumah yang luas dan memperlancar sirkulasi udara dalam ruangan. Sebagian besar orang juga menggemari gaya ini karena dominasi elemen kayu yang terlihat natural dan sederhana, namun tetap elegan di mata khayalak umum.


Papan MDF seringkali dijadikan material pilihan ketika mendekor atau membuat furnitur untuk dipadukan dengan gaya Skandinavia. Karakter rustic yang dihadirkan melalui tekstur kayu dapat menciptakan suasana yang hangat dan nyaman pada rumah.


Permukaan papan MDF yang halus juga memudahkan kita untuk membuat furnitur atau dekorasi apapun sesuai kebutuhan kita. Lantas, bagaimana caranya kita bisa memadukan papan MDF dengan gaya Skandinavia? Simak pembahasannya di bawah ini.


Area ruang makan dan dapur berwarna putih dan bernuansa kayu dalam gaya desain Skandinavia
Darren Richardson / Unsplash

Laminasi MDF dengan Warna Netral

Permukaan MDF yang halus dan rata memudahkan kita untuk memberikan berbagai macam laminasi yang mempercantik tampilan akhirnya. Warna netral seperti putih, abu-abu, hitam, dan coklat muda merupakan ciri khas utama dari gaya Skandinavia. Penggunaan warna netral dapat menciptakan ruangan yang terasa lebih cerah dan luas.


Meski menggunakan warna yang ringan, gaya Skandinavia tidak terasa monoton. Ini terjadi karena permainan material alami seperti yang bagus untuk dikombinasikan dengan bahan lain. Anda juga dapat melapisi papan MDF dengan tekstur kayu berwarna netral untuk memberikan suasana alami dan modern.

Maksimalkan Ruang dengan Furnitur Multifungsi

Serupa dengan gaya minimalis, gaya Skandinavia juga mengedepankan fungsionalitas suatu ruang. Penekanan pada fungsionalitas akan menciptakan ruang gerak yang nyaman bagi para penghuninya tanpa harus mengorbankan keindahan interior. Dengan papan MDF, Anda bisa menciptakan furnitur multifungsi yang dapat disimpan secara praktis ketika sedang tidak digunakan.


Sebagai contoh, Anda bisa menciptakan kabinet dapur yang juga berfungsi sebagai meja makan minimalis. Kabinet seperti ini umumnya dilengkapi dengan dua buah kursi di sampingnya dan area meja yang dapat dilipat ketika sedang tidak digunakan.


Dengan papan MDF, Anda juga bisa mendesain meja ruang tamu yang dilengkapi dengan area penyimpanan di bawah daun mejanya. Kompartemen ini dapat digunakan untuk menyimpan barang-barang atau dekorasi ruang tamu secara ringkas. Desain seperti ini akan mempermudah proses pembersihan dan penyimpanan barang karena terpusat pada satu area rumah saja.


Dapur modern dengan kabinet penyimpanan dan wastafel yang terbuat dari MDF
Bluewater Sweden / Unsplash

Sentuhan Dekoratif yang Natural

Elemen alami pada gaya Skandinavia memudahkan kita untuk menentukan jenis dekorasi yang akan melengkapi furnitur dalam ruangan. Berbagai tanaman indoor, tekstil dari bahan alami, dan aksesoris kayu dapat memberikan sentuhan alam ke dalam rumah. Anda bisa menggunakan papan MDF untuk membuat panel dinding dekoratif yang melengkapi padanan furnitur pada ruangan Anda.


Mengintegrasikan papan MDF dalam gaya Skandinavia memberikan banyak keuntungan, mulai dari fleksibilitas desain hingga harga yang lebih terjangkau. Kepadatan MDF yang tinggi serta permukaannya yang halus memberikan Anda kebebasan untuk bereksperimen dengan desain furnitur dalam ruangan nantinya. Dengan menggunakan papan MDF, Anda juga mendukung gerakan keberlanjutan karena bahannya yang memanfaatkan serbuk kayu sisa pemotongan.


Jika Anda tertarik untuk menggunakan papan MDF sebagai bahan dasar furnitur interior Skandinavia, PT Sumatera Prima Fibreboard menyediakan MDF dengan berbagai ketebalan dan jenis. Anda juga dapat memperoleh MDF dengan variasi laminasi melamin yang beragam sehingga Anda dapat mempercantik ruangan dengan mudah. Hubungi PT Sumatera Prima Fibreboard (www.spf.co.id) untuk informasi lebih lanjut.

Comments


bottom of page