top of page
  • Agnes Gianni

Kolaborasi PT Sumatera Prima Fibreboard dan DLH Kuatkan Upaya Pelestarian Lingkungan Ogan Ilir

Ogan Ilir, 26 Juli 2024 — PT Sumatera Prima Fibreboard kembali bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Ogan Ilir dan Pemerintahan Desa Meranjat untuk pulihkan lingkungan sekitar Ogan Ilir.


Kegiatan ini dilakukan dengan menanam pohon di sekitar Sungai Meranjat dan Taman Wisata Dusun 1 Desa Meranjat. PT Sumatera Prima Fibreboard bersama dengan DLH dan Pemerintahan Desa Meranjat menanam 30 pohon pulai dan 30 pohon sengon di area tersebut. Penambahan jumlah bibit pohon di sekitar area ini diharapkan dapat membantu menjaga iklim mikro pada daerah sungai dan pedesaan.


Dua orang petugas DLH sedang menanam pohon di tepi sungai

Pohon pulai sendiri merupakan tumbuhan tropis yang sering dimanfaatkan sebagai pohon peneduh, bahan obat-obatan, serta bahan konstruksi. Sementara itu, pohon sengon merupakan pohon produk Hutan Tanaman Industri yang dapat digunakan untuk bahan baku pembuatan furnitur. Selain karena cocok di iklim tropis, kedua jenis pohon ini dipilih karena dapat ditanam di mana saja dan memiliki masa tumbuh yang cepat.


“Fungsi ekologis yang beragam mendorong PT Sumatera Prima Fibreboard jadi semakin gencar melakukan kegiatan penghijauan di dalam maupun di lingkungan sekitar pabrik,” kata Hendriyadi Rusdi, Supervisor CSR PT Sumatera Prima Fibreboard.

Pada kegiatan tersebut, turut hadir PLT Kepala Dinas Lingkungan Hidup Ogan Ilir, Mira Dani, dan Kepala Desa Meranjat I, Fahrul Hadi. Dalam sambutannya, mereka mengekspresikan apresiasinya terhadap kegiatan yang dilakukan oleh PT Sumatera Prima Fibreboard untuk melestarikan lingkungan dan berharap semakin banyak perusahaan yang tergerak untuk melestarikan lingkungan.


Sekelompok orang berpakaian putih menghadiri acara penanaman pohon di Ogan Ilir

Tentang SPF


PT Sumatera Prima Fibreboard merupakan produsen Medium Density Fibreboard (MDF) terbesar di Indonesia, dengan dua lini produksi yang berkesinambungan. Papan fiber yang diproduksi SPF memiliki ketebalan yang variatif, dimulai dari varian super thin (1,0 mm) hingga yang tebalnya 25 mm.


PT SPF juga memproduksi Melamine-Faced MDF (MFM), yakni papan MDF yang telah dilapisi melamin untuk meningkatkan ketahanan produk serta memberikan variasi tampilan warna dan tekstur. Saat ini PT Sumatera Prima Fibreboard (www.spf.co.id) berbasis di dekat Palembang, Sumatera Selatan dan telah mempekerjakan sekitar 500 orang di pabriknya.

Kommentare


bottom of page