top of page
  • Writer's pictureMichelle Natania

Aplikasi MFM : Papan Serbaguna untuk Dapur yang Ideal

Melonjaknya permintaan akan papan fiber berlapis kayu atau Melamine-faced Fibreboard (MFM) bukan terjadi tanpa alasan. Kemudahan dan fleksibilitas pengaplikasian serta kemudahan aksesibilitasnya menjadikan MFM pilihan yang tepat untuk furnitur dan dekorasi berbagai lokasi, baik untuk di dalam ruangan (in-door) maupun luar ruangan (outdoor). Kelebihannya yang tahan banting dengan peningkatan-peningkatan kemampuan khusus seperti lebih tahan terhadap lembab dan panas menjadikan material ini lebih versatile dibanding material lain seperti kayu asli maupun batu alam. Tidak heran bila banyak pemilik rumah dan kantor sekarang ini lebih sering memasang MFM untuk areanya, khususnya di area dapur atau pantry. Namun, kelebihan apa yang membuat MFM tepat digunakan sebagai material di area dapur? Bagaimana cara pengaplikasiannya yang tepat? Mari kita ulas di bawah ini!




Kelebihan milik MFM untuk dijadikan material furnitur area dapur


  • Ketahanan terhadap lembab

Lapisan melamin yang terdapat di permukaan papan ini menjadikannya istimewa dan berkemampuan lebih untuk menjadi tahan terhadap kelembapan. Tidak hanya lapisan melaminnya, fiber kayu pembentuknya saat proses produksi juga ditambahkan oleh zat-zat aditif khusus agar serat kayu tersebut tidak mudah rusak dan terurai ketika berkontak langsung dengan air. Akibatnya, papan MFM pun tidak mudah rusak walaupun lokasi tempat peletakannya lembab.

  • Mudah dibersihkan

Lapisan melamin di permukaan tidak hanya menjadi pelindung tambahan papan MFM dari kerusakan akibat lembab, tapi juga membuat papan tersebut lebih mudah dibersihkan ketika terkena tumpahan atau kotoran lainnya. Dapur sebaga tempat yang penuh dengan aktivitas memasak dan memproses makanan pasti sangat rentan terhadap berbagai tumpahan dan cipratan. Noda-noda dari aktivitas ini yang terkena ke permukaan MFM dapat secara mudah dihilangkan hanya dengan mengelapnya dengan kain yang sudah dibasahi secukupnya.

  • Fleksibilitas kustomisasi

Tidak jarang, dapur sering disebut sebagai jantung dari rumah karena merupakan tempat di mana berbagai makanan lezat dibuat dan tidak jarang juga difungsikan sebagai ruang makan, tempat di mana keluarga biasanya bercengkrama sambil menikmati hidangan. Oleh karena itu, membangun dapur yang sesuai dengan konsep desain impian sangat krusial karena akan digunakan dalam intensitas tinggi. Untuk merealisasikan dapur ideal sesuai dengan visi dan ide-ide yang beragam, kustomisasinya dapat disediakan oleh MFM, yang tidak hanya mampu menghasilkan papan dengan hasil akhir kayu dengan berbagai motif dan warna, tetapi juga dapat menyerupai tampak batu alam.

  • Kebebasan aplikasi

Materialnya yang ringan dan kokoh menjadikannya cocok untuk dijadikan furnitur beragam bentuk. Papan MFM tidak hanya cocok dijadikan sebagai bahan countertop atau meja dapur, tetapi juga sangat baik ketika dimanfaatkan menjadi bahan untuk pembuatan kabinet penyimpanan di dapur.


Ide aplikasi MFM di area dapur atau pantry


Untuk menciptakan suasana dapur yang senada dan lebih terkonsep seperti di atas, pengaplikasian MFM dapat dilakukan ke keseluruhan aspek dapur. Selain sebagai material countertop dan kabinet dengan warna putih yang senada, MFM dengan motif kayu juga dimanfaatkan sebagai pelapis lantai agar kesan ruangan dapur yang hangat dapat semakin tercipta.



Terdapat kemungkinan tak terbatas mengenai motif yang dapat dicetak di atas permukaan MFM. Salah satunya ada motif yang menyerupai batu marmer seperti gambar di atas untuk pengaplikasian sebagai meja dapur. Bila anda menginginkan hasil akhir menyerupai material mahal dengan budget terbatas, MFM dapat menjadi solusi.



Tidak hanya menyerupai batu marmer, motif lain seperti granit yang banyak digunakan di area dapur juga dapat dengan mudah dicetak di atas permukaan MFM. Oleh karena itu, anda tidak perlu khawatir bila memiliki ide beragam untuk mendekorasi dapur impian nantinya.



Itulah alasan yang menjadikan MFM menjadi pilihan terbaik untuk solusi dekorasi dapur atau pantry-mu. Bila mencari supplier papan MFM yang tidak hanya dapat mengakomodasi kebutuhan dekorasi areamu, tetapi juga mampu menyediakan MFM berdaya tahan tinggi dengan motif yang beraneka macam, pastikan untuk mengunjungi katalog kami di PT. Sumatera Prima Fibreboard (www.spf.co.id).

Comments


bottom of page